"Banyak yang bilang mirip sama Agnes Monica, jadi gue harap lo bisa bedain yang mana Abi, yang mana Agnes Monica *jangan timpuk gue*"

Apr 15, 2011

'?'

yeaaah akhirnya gue nonton ini film juga, gak kok, samasekali gak nyesel nontonnya. tadinya, seperti yang gue bilang kemaren, mau nonton di blok * squ*re sekalian kerumah nenek gue gitu, nah tapi berhubung gue sakit (iya nih payah banget yak gue liburan baru mulai udah sakit duluan) jadi nontonnya di Bint*ro Pl*za, sama nyokap dan asisten sekaligus temennya mamah... yaitu Mbak Kokom hahahahha. nih gue ceritain deh...
Film ini tentang keagamaan gitu, sama sekali gak memihak pada satu agama kok, ada Islam, Katholik, sama Budha. Jadi ada seorang Muslimah namanya Menuk (Revalina S. Temat) nah dia kerja di restoran Cina, yang punya restoran itu namanya Tan Kat Sun (Hengky Sulaeman), nah Pak Tan ini orangnya memiliki jiwa toleransi yang tinggi, di restorannya bener-bener dipisahin yang mana makanan halal yang mana yang bukan, sampe ke panci yang buat masak, sendok-garpu juga dipisahin gitu, pokoknya toleransi banget lah, karyawannya yang muslim aja boleh Sholat disana yah gtgt lah.

Rika (Endhita), seorang janda anak satu yang baru aja menjadi seorang Katholik, tadinya dia muslim, tapi semenjak dia cerai sama suaminya dia pindah agama, bukan karena apa-apa, tapi karena keyakinan di hatinya aja, well sebenernya ini yang gue salut bener, dia dihujat banyak orang gitu dibilang murtad lah ini lah itu lah tapi dia tetep kuat sama agamanya yang sekarang, bahkan dia tinggal sama anaknya yang agamanya Islam, namanya Abi (bukan Abidati) tapi dia tuh kayak tetep ngebiarin anaknya les ngaji, trus juga pas bulan puasa anaknya diajarin baca doa niat untuk Sahur.

Surya (Agus Kuncoro), dia ini pacarnya Rika setelah dia cerai dari suaminya, dia seorang muslim, itu juga ngebuat Rika makin terpojok. Surya ini kerjanya jadi pemain figuran-figuran di film-film gitu, yah pokoknya kalo gak jadi figuran, ya pasti penjahat yang tukang gebuk gitu dah. Jadi waktu Paskah, kan ada acara dari Gereja nya Rika, kayak drama gitu, nah si Surya ditawarin untuk casting kan, awalnya dia nolak mentah-mentah, tapi akhirnya setelah dia konsultasi sama udztad gitu trus mantepin hati segala macem akhirnya dia ikut casting dan dapet peran jadi Yesus, yang lawak adalah pas dia latihan gitu HAHA aduh ngakak banget mana dia latihannya pas di mesjid gitu, (dia suka bantu2 beresin mesjid gt).

Saleh (Reza Rahadian), dia adalah suaminya Menuk, dia gak kerja, pokoknya dia sempet putus asa mau cerai sama manuk gara-gara dia gadapet kerjaan. Tapi akhirnya dia dapet kerjaan, jadi banser NU pokoknya itu yang jadi keamanan-keamanan gitu tapi berlandaskan Islam gitu gitu lah. Tadinya dia ini orangnya racist gitu deh, suka ngatain 'cina' gitu udah gitu dia pernah nyerang restorannya Tan Kat Sun pokoknya sampe rusuh-rusuh gitu sampe akhirnya si Tan Kat Sun yang udah tua dan sakit-sakitan ini gak sengaja kena gebuk gitu sama dia sampe sekarat dan meninggal. tapi pada suatu hari dia ditugasin di Gereja gitu pas malam Natal, kan dia ngamanin gitu, trus tiba-tiba dia nemuin bingkisan bom gitu, nah dia kan ngerasa bertanggung jawab kan, udah gitu dia bawa lari bingkisan itu agak jauh dari Gereja dan bom itu meledak disebelah dia, dan dia meninggal (ini nih baru namanya Jihad)

Hendra (Rio Dewanto) adalah anaknya  Tan Kat Sun, dia tuh kayak lagi nyari jati diri gitu, nah dalam proses pencarian jati dirinya tuh dia selalu bertentangan sama orang tuanya. Dia pernah punya hubungan sama Menuk dulu, tapi akhirnya Menuk lebih milih Saleh karena Saleh muslim dan taat agama, sejak saat itu Hendra jadi marah dan dingin gitu sama Menuk. sampe pada akhirnya dia ngelanjutin usaha bokapnya itu karena bokapnya udah sakit-sakitan, nah dibawah kepemimpinan dia itu jadi rada rusuh, dia gak bisa toleransi kayak bapaknya, lebaran aja cuma libur di hari pertama, yah gitu-gitu lah, nah karena kayak gitu si Saleh gak terima dong kok istrinya kerja ditempat kayak gitu, jadi dia bawa pasukan buat nyerang restoran itu (seperti yang tadi gue jelasin).

pokoknya si Hendra akhirnya masuk Islam karena dia udah nemuin jati dirinya dan emang udah nentuin dari dalem hati. Rika juga udah damai sama keluarganya yang tadinya nentang dia buat pindah agama, dia juga udah di Baptis secara Katholik, orang-orang udah gak nge bully dia, anaknya juga udah bisa nerima perbedaan gitu.

yang dilakuin Saleh itu baru yang namanya Jihad, bukannya ngebunuh orang ato ngebom gereja seperti yang kita liat belakangan ini, itumah namanya DOSA. sikap toleransi Tan Kat Sun itu yang patut dicontoh banget. Setiap orang Islam atau apapun agamanya berhak kerja dimanapun kan? perbedaan itu indah kawan, DUH pokoknya lo kudu nonton ini film deh, keren banget! good job om Hanung Bramantyo!

pislopengaol \m/

No comments: